Kumpulan tulisan Muhammad Yasin, Wartawan, Blogger dan pebisnis online

Rabu, 16 November 2011

Blog Rumah Taziek's Promosikan Kerajinan Tasikmalaya ke Seluruh Dunia

Tasikmalaya sangat terkenal dengan produk bordirannya. Keunikan kerajinan khas Tasikmalaya ini banyak dilirik sebagai lahan bisnis yang menggiurkan. Karena itu bordiran Tasikmalaya banyak dikejar pelaku bisnis untuk dijual lagi di berbagai daerah.

Namun sebagai sebuah peluang, bisnis yang memanfaatkan kekhasan produk suatu daerah pasti juga dilakukan banyak pengusaha lainnya. Akibatnya, persaingan pastilah sangat ketat.

Seperti yang dialami Indra Topik Maulana, salah satu pelaku bisnis yang mencoba mengangkat kerajinan khas Tasikmalaya itu melalui toko online di dunia maya alias internet.

Melalui brand Rumah Taziek’s, Indra mempromosikan dan memasarkan produknya melalui blog www.mukenabordirtasikmalaya.blogspot.com. Bisa ditebak dengan mengandalkan blog gratisan di blogspot, tidak mudah menjalankan sebuah toko online.

Benar saja, sejak diluncurkannya pada awal tahun 2009, toko online Rumah Taziek’s hanya meraup omset beberapa juta rupiah saja perbulannya. Namun setelah itu Indra mulai membenahi strateginya.

Berbagai bentuk layanan baru diberikan untuk meyakinkan konsumen. Termasuk langkahnya dengan menggalakkan teknik search engine optimization (SEO) untuk melejitkan jumlah pengunjung (traffic) dilakukannya.

Hasilnya, dalam beberapa bulan terakhir, omzetnya merangkak naik. Bahkan dalam tiga bulan terakhir, omzet penjualannya melonjak. Pada bulan Juni 2010 lalu saja omzet Rumah Taziek’s mencapai Rp. 20 juta. Jumlah ini naik dua kalinya pada bulan Juli mencapai Rp 40 juta. Bahkan pada bulan Agustus, Indra mampu meraih omzet hingga Rp 70 juta.

Membangun Kepercayaan
Menggunakan situs gratisan berbasis blog untuk memasarkan suatu produk memang masih sering diragukan oleh banyak orang. Jangankan situs gratis, untuk situs berbayar pun tidak mudah meyakinkan calon konsumen untuk melakukan transaksi di dunia maya.

Namun bagi dosen Universitas Islam Bandung (Unisba) ini, kekhawatiran pengunjung web bukan halangan dalam menjalankan toko onlinenya. Ia mengaku memiliki banyak cara dalam meyakinkan setiap pengunjung yang singgah ke laman blognya.

Salah satunya yang menurut Indra paling berpengaruh dan jarang dilakukan oleh para pebisnis online adalah dengan memajang foto pemilik. Kalau Anda perhatikan saat berkunjung ke blog www.mukenabordirtasikmalaya.blogspot.com maka akan terpampang sepasang suami istri yang tak lain adalah Indra serta istrinya.

Yang juga tidak kalah pentingnya dalam meyakinkan pengunjung adalah alamat lengkap dan nomor kontak. Ditampilkannya alamat ini juga dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen, sehingga bila konsumen ingin mengecek toko onlinenya tinggal langsung berkunjung ke alamat yang tertera di blog tersebut, tepatnya di Jalan Bangbayang Cihaur No. 76/157 C Rt 3 Rw 8 Kecamatan Coblong Dago Bandung.

Berkaitan dengan soal kepercayaan, selain memajang foto-foto produk, Indra juga menampilkan berbagai data penunjangnya secara detail. Dan yang tak kalah pentingnya, sebagai pebisnis, Rumah Taziek’s juga menampilkan daftar alamat distributor yang tersebar di berbagai daerah.

Selain itu, Indra juga membuat menu khusus tentang status pesanan para konsumennya. Di menu ini Anda dapat melihat sederet nama-nama pemesan berikut jenis produk yang dipesan sampai jasa pengiriman yang digunakan disertai perkiraan sampainya barang ke alamat yang dituju.

Menerapkan Konsep Garansi
Dalam membangun kepercayaan kepada para pelanggannya, Rumah Taziek’s juga menerapkan konsep garansi untuk segala macam jenis produk yang dijualnya. Ada tiga macam garansi yang diberikan meliputi garansi produk, garansi pengiriman, dan garansi yang diberikan kepada para distributor.

Untuk garansi produk, disebutkan Garansi Ketidakpuasan, berlaku maksimal seminggu setelah barang diterima oleh pemesan. Pembeli dapat melakukan komplain bahkan boleh mengembalikan barang yang dipesan apabila barang tidak sesuai atau bahkan kondisinya lebih buruk dengan gambar yang ada di displai. Uang yang telah ditransfer akan dikembalikan beserta ongkos kirimnya.

Sedangkan pada garansi pengiriman, pembeli mendapatkan jaminan jika barang yang dikirimkan dalam keadaan rusak atau cacat. Dalam kaitan ini, konsumen akan mendapatkan gantinya dengan barang yang baru atau kembali uang seratus persen ditambah ongkos kirimnya.

Begitu juga bagi para distributor, mendapatkan ‘Garansi Produk Tidak Laku’. Garansi ini memberikan kemudahan kepada para distributor jika maksimal dalam waktu sebulan barang tidak laku, maka dapat menukar dengan produk lain yang lebih laku.

Strategi SEO
Menyinggung tentang startegi search engine optimization (SEO), Indra melakukannya dengan sejumlah tahapan. Diantaranya dengan menempatkan kode Meta Tag dalam html blognya, baik menyangkut Description Meta Tag maupun kata kuncinya atau Meta keyword Tag.

Setelah itu, selama tiga bulan pertama setelah penayangannya, Indra mengaku sangat gencar melakukan blogwalking. Ia berkunjung ke berbagai blog yang memiliki ranking (pagerank) tinggi dan meninggalkan komentar disana, tentunya disertai link blognya.

Bahkan jika Indra menemukan ada blog yang memiliki pagerank tinggi sekaligus menyediakan link balik (backlink) ia pun melakukan tukar link (link Exchange).

Selain itu, Indra juga memasang iklan ke berbagai situs iklan, khususnya yang menyediakan jasa iklan gratis. Cara ini ia lakukan selama beberapa bulan dengan target memasang iklan gratis lima situs setiap harinya.

Selain memanfaatkan iklan gratis, Indra juga melakukan dumpy blog. Hal ini dilakukan dengan membuat beberapa blog dengan konten yang serupa dengan situs utamanya di blogspot dan di multiply. Ia juga tidak lupa memasarkan produknya di beberapa situs forum serta milis.

Strategi terakhir, yang saat ini juga sedang digandrungi oleh para marketer online adalah memanfaatkan situs jejaring social semacam facebook. Indra membuat grup khusus di facebook dengan nama Mukena Bordir Tasikmalaya. Dari situs jejaring inilah Indra mengaku hampir 50 persen pelangganya bisa ditangkap.

Kini dengan berbagai strategi tersebut blog Rumah Taziek’s mendapatkan page rank google 3. Dampaknya blognya selalu nongkrong di halaman pertama pada mesin pencari google dengan kata kunci ‘mukena Tasik’. Jumlah pengunjung blognya kini mencapai ribuan.

Rangkul Perajin
Saat ini pria kelahiran 8 Juni 1981 ini masih fokus memasarkan jenis produk bordiran Tasikmalaya serta sejumlah kecil aneka produk dari kayu dan bambu seperti kelom, tas dan hiasan dari kayu.

Dari aneka produk bordiran, mukena merupakan produk unggulan Rumah Taziek’s. Beragam jenis mukena dengan berbagai sentuhan borderan yang berbeda bisa ditemukan di toko online ini. Ke depannya, ia merencanakan semua kerajinan khas Tasikmalaya bisa dirangkul dalam toko onlinenya.

“Saya ingin mengumpulkan para pengrajin asal Tasikmalaya yang berjalan sendiri-sendiri. Dengan moto ‘Tempatnya Semua Produk Tasikmalaya’. Kami ingin menampilkan semua produk hasil karya masyarakat Tasikmalaya,” tutur Indra optimis.

Majalah Pengusaha Muslim
Edisi 10 Volume 1/ 15 Oktober 2010
Rubrik Topik Utama “Mendulang Uang dari Bisnis Online”

5 komentar:

Posting Komentar