Kumpulan tulisan Muhammad Yasin, Wartawan, Blogger dan pebisnis online

Kamis, 05 Januari 2012

SMS Tauhiid, Content Provider Gratis ala Aa Gym

Isu penyedotan pulsa oleh beberapa content provider (CP) belakangan ini menyita banyak perhatian dari masyarakat luas dan pemerintah. Ulah CP nakal tersebut dikhawatirkan oleh sebagian pengamat akan meredupkan bisnis konten provider yang keuntungannya sangat menggiurkan.

Di tengah gonjang-ganjing isu tersebut, justru pendaftar SMS Tauhiid yang digagas oleh Abdullah Gymnastiar atau yang biasa disapa Aa Gym ini terus meningkat. Pasalnya setiap pendaftar yang menerima pesan pendek harian dari SMS Tahuiid ini tidak akan dipotong pulsanya, alias gratis.

Sejak SMS Tauhiid ini diluncurkan oleh Aa Gym, pendiri yayasan Daarut Tahiid pada akhir oktober lalu, sekarang pendaftarnya sudah melebihi 50 ribu orang yang tersebar dari Papua hingga Aceh.

Adapun konten pesan pendek ini berkisar pada ayat Alquran, hadits dan kata-kata hikmah langsung dari Aa Gym yang semuanya berkaitan dengan tema ketauhidan.

Dulu memang Yayasan Daarut Tauhid dibawah MQ Corporation menyediakan konten yang berbayar, namun karena merasa tidak cocok, akhirnya dihentikan. Aa Gym sendiri ingin masyarakat yang menerima tausiyahnya jangan dibebani dengan potongan pulsa.

Berbeda dengan kebanyakan konten provider lainnya yang menggunakan short number, SMS Tauhiid memilih menggunakan nomor pusat yang biasa digunakan oleh masyarakat luas.

Kurang lebih ada empat nomor untuk pusat pendaftaran, diantaranya 082130303038, 082130303083, 087825252571 dan 087825252572. Sedangkan nomor pengirim konten SMS Tauhiid ke para anggota akan berbeda lagi.

“Kita menggunakan nomor GSM yang umum dipasaran, karena short nomber itu harus bayar mahal ke operator. Kita hanya memodal pulsa biasa saja dengan biaya semuanya ditanggung oleh Aa Gym sendiri dengan nominal yang dirahasiakan. Kita tidak mau ada bisnisnya,” tutur Muhammad Azmi Tim CP SMS Tauhiid saat ditemui di Masjid Daarut Tauhiid Jalan Gegerkalong Girang Bandung.

Cara untuk mendaftar SMS Tauhiid ini sederhana, yaitu dengan mengetikan Daftar#Nama#kota di telepon selulernya ke nomor pusat yang tersedia diatas. Selanjutnya akan ada balasan bahwa si pendaftar telah resmi menjadi anggota SMS Tauhiid dan akan mendapatkan langganan pesan pendek setiap harinya minimal dua kali.

Sedangkan untuk berhenti berlangganan cukup mengetikan unreg. Menariknya lagi, setiap pesan pendek dari SMS Tauhiid isinya selalu menyertakan nama si pendaftar sebagai bentuk sapaan yang bersifat personal.
Berikut contoh isi pesan pendeknya.

Aagym: Alhamdulillah shbt yasin, sdh brgabung dgn SMS TAUHIID yg berisi ayat2 Quran, Hadist, Hikmah, smg jadi jlan ilmu, amal, silaturahmi, mnambah Yakin & Dekat dgn ALLOH srta mnfaat bg sesama.. Slahkan dsimpan nmor2 SMS TAUHIID CENTRE : 082130303038, 082130303083, 087825252571, 087825252572, 08382229424, kiriman sms akn diterima dr berbagai nomor dan benar2 Gratis/ tak memotong pulsa, mohon agar sarana ini berkah dan bisa istiqomah, aamin.

Tim yang memegang kendali SMS Tauhiid ini terdiri dari tiga orang dari Dewan Keluarga Masjid (DKM) Daarut Tauhiid, yaitu Muhammad Azmi penanggung jawab perangkat keras, Surasmi penanggung jawab server dan Hamim bagian humas. Mereka dibekali 4 buah komputer, software, server dan modem.

Dalam mengatur siklus pesan pendek ini, mereka menggunakan software sms yang telah mereka rancang sendiri. Alurnya dimulai dari Aa Gym sendiri yang memberikan pesan pendek kepada tim. Pesan ini kemudian dimasukan ke software yang memiliki kapasitas isi konten sampai 500 karakter.

Software kemudian memasukan pesan pada katagori grup. Grup ini ada yang khusus kota-kota besar dan ada juga provinsi, khususnya yang jumlah pendaftarnya sedikit. Setelah masuk dalam grup barulah pesan tersebut masuk ke beberapa nomor pusat pengirim. Nomor inilah yang mengirimkan ke para pendaftar secara bergilir.

“Jadi kirimnya ke satu persatu nomor anggota, tidak sekaligus nyampe dalam satu waktu. Kinerjanya seperti manual saja, cuma software yang mengerjakannya. Prosesnya antara dua sampai tiga jam baru selesai ke semua anggota. Kalau langsung dikirim bersamaan takutnya banyak gagal,” tutur Azmi.

Sosialisasi SMS Tauhiid ini cukup gencar dilakukan baik oleh Aa Gym sendiri melalui ceramahnya di stasiun televisi swasta nasional maupun di acara lainnya oleh beberapa staf Daarut Tauhiid seperti di MQ TV, Radio MQ serta beberapa media lain.

Biasanya setiap kali diumumkan di acara skala nasional maka ribuan pesan pendek dari pendaftar akan membanjiri server. Kalau jaringan sesak (crowded) maka akan terjadi penundaan (delay), namun tim memastikan semua nomor pendaftar tersebut nantinya akan masuk secara bergilir.

Antusiasme masyarakat terhadap SMS Tauhiid ini bukan tidak dilirik oleh operator. Azmi menuturkan sudah banyak penawaran kerjasama dari mereka, namun Aa Gym sendiri tetap berkomitmen untuk memberikan pesannya secara gratis kepada masyarakat luas.

3 komentar:

Posting Komentar