Kumpulan tulisan Muhammad Yasin, Wartawan, Blogger dan pebisnis online

Sabtu, 14 Januari 2012

Cara Mendapatkan Sitelink dari Google

Sitelisting
Ini tulisan baru saya mengupas Sistemasi SEO singkatan dari search engine optimization. Kupasan saya tentang SEO ini merupakan hasil dari pengalaman saya dalam mengelola bisnis online.

Ke depan tulisan-tulisan saya tentang sistemasi SEO akan muncul secara acak, tidak tersusun secara sitematis sesuai dengan tahapan SEO :-D.

Nah kali ini saya akan membahas Sitelisting. Tulisan ini berdasarkan permintaan temen saya yang sedang bisnis online.. selamat membaca.

Pernahkah Anda mendengar Sitelink atau Tautan situs? Sitelink adalah berupa tautan yang muncul ke laman lain pada situs Anda yang dapat muncul di bawah hasil penelusuran untuk situs Anda.

Nah untuk lebih mudahnya silakan lihat gambar diatas :-D

Sitelink tentu saja berhubungan dengan mesin pencari Google dan ini sangat berguna bagi pengunjung untuk mengarahkan meraka kepada pilihan menu atau artikel yang ada pada situs Anda.

Sitelink juga bermanfaat bagi pengunjung untuk menavigasi situs Anda. Sehingga para pengunjung akan menghemat waktu dalam mengunjungi situs Anda.

Dengan kata lain sitelink adalah jalan pintas yang diberikan google kepada para pengunjung untuk mempersingkat waktu pencarian pada situs Anda!

Nah ternyata untuk mendapatkan sitelink ini tidak mudah. Google menghasilkan tautan ini secara otomatis dan tidak semua situs memiliki sitelink.

Mungkin Anda tidak tahu apakah mesin pencari google sudah memberikan sitelink untuk Anda atau belum.

Nah jika ingin tahu, coba ketikan nama domain anda pada mesin pencari google. Kalau masih belum muncul sitelink, silakan ketikan katakunci yang menjadi andalan situs Anda, kalau masih belum muncul juga silakan ketik judul situs Anda (atau bisa juga brand, jika situs Anda adalah situs bisnis).

Pada beberapa kasus, kemunculan sitelink bisa oleh beberapa kata tertentu yang ada kaitannya dengan situs Anda.

Sebagai contoh situs www.aqiqahonline.com Situs ini memunculkan sitelink di google dengan mengetikan aqiqahonline. Namun pada situs saya yang lain www.penayasin.blogspot.com , jika diketikan penayasin sitelink justru tidak muncul. Namun jika diketikan “tulisan muhammad yasin” maka sitelink akan muncul.
Sekali lagi ini dipengaruhi oleh rekaman google pada mesin pencari dari hasil penelusuran para pengunjung yang masuk pada situs Anda.

Nah bagaimana caranya untuk mendapatkan sitelink :

Pertama, menurut pengalaman saya, sitelink dipengaruhi oleh kepopuleran situs yang banyak dikunjungi orang. Karena itu link yang muncul pada sitelink adalah halaman yang sering banyak dikinjungi orang.

Karena itu buatlah konten-konten yang sangat bermanfaat untuk banyak orang dan tidak menjiplak dari situs orang lain. Apalagi algoritma google panda sangat benci duplikasi konten.

Kedua, sitelink dipengaruhi oleh katakunci tertentu yang sangat dominan pada situs Anda. Sebagai contoh pada situs www.aqiqahonline.com kata kunci yang sangat dominan dan langsung mengarah pada situs saya adalah aqiqahonline. Kalau aqiqah saja itu sangat umum dan banyak saingannya.

Sedangkan untuk situs saya yang lain www.penayasin.blogspot.com kata kunci yang dominan adalah “tulisan muhammad yasin”.

Nah untuk mengetahui kata kunci yang dominan mengarah ke situs Anda, bisa dicek di googleanalytics .
Ketiga, pergunakan anchor text pada kata kunci. Anchor text adalah tulisan atau teks tertentu yang memiliki link, jika diklik akan mengarahkan pada halaman lain baik itu pada situs Anda sendiri atau situs orang lain.

Namun untuk memunculkan sitelink tentu saja menggunakan anchor text yang mengarahkan pada halaman lain di situs Anda lagi. Jadi perkuatlah link internal pada situs Anda.

Pigak Google sendiri menyebutkan “for your site's internal links, make sure you use anchor text andalt text that's informative, compact, and avoids repetition”. (untuk link internal situs Anda, pastikan Anda menggunakan jangkar teks (anchor text) dan alt teks yang informatif, kompak, dan menghindari pengulangan).

Keempat, pada halaman utama situs setidaknya memiliki lebih dari tiga menu atau teks yang memiliki link. Pihak google sendiri menyatakan we only display sitelinks when a site has a minimum of three sitelinks available. (kami hanya menampilkan tautan situs saat situs memiliki minimal tiga tautan situs yang tersedia).

Karena ada beberapa orang yang pada homepage situsnya hanya menampilkan satu atau dua menu saja berupa log ini atau ucapan selamat datang (welcome). Biasanya situs ini berisi animasi flash.

Nah, selanjutnya jika google menampilkan sitelink situs Anda di mesin pencari google, namun Anda merasa tidak cocok pada beberapa link yang dimuculkan, google memberi kesempatan untuk menghapusnya (mendemosikan).

Cara menghapusnya cukup mudah, Anda harus berkunjung ke webmaster google (tentu saja bagi yang sudah memasukan situsnya di webmaster google). Masuk ke Konfigurasi situs dan klik Tautsitus. Isikan link yang ingin dihapus di kolom Demosikan URL tautan situs.

Google akan mempertimbangkan permintaan Anda saat membuat tautan situs (meskipun google tidak menjamin bahwa laman yang didemosi tidak akan muncul sebagai tautan situs).

Anda dapat mendemosi hingga 100 URL, dan demosi tersebut akan berlaku selama 90 hari sejak kunjungan terakhir Anda ke laman ini.

Sekian dulu dari saya, mudah-mudah bermanfaat. Nantikan #SistemasiSEO lainnya pada tulisan saya berikutnya.

Muhammad Yasin

19 komentar:

Posting Komentar