Kumpulan tulisan Muhammad Yasin, Wartawan, Blogger dan pebisnis online

Selasa, 08 April 2014

Al mukmin, Masjid Kecil yang Tak “Bernyawa” di Ujung Situ Panunjang

Cipanunjang
Situ Panunjang adalah danau yang terletak di ketinggian 1100 meter dpl di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Danau ini tak banyak diketahui orang, karena keberadaanya terletak diatas situ Cileunca.

Pesona danau ini sangat eksotik. Dari ujung danau ini, tepatnya diatas jalan yang membentangi bendungan Cipanunjang, kita bisa melihat hamparan Situ Cileunca dan Gunung Tilu di sebelah barat.

Bandungan Cipanunjang
Posisinya yang tinggi disertai hamparan rumput hijau dan hembusan angin danau akan menambah suasana sejuk jika kita berada disini.

Namun ada cerita pilu yang datang dari ujung bendungan Cipanunjang ini. Sebuah masjid kecil yang terletak di Kampung Datar Desa Margaluyu rusak tidak terawat dan sudah lama tidak dipakai.

Masjid Al Mukmin
Bangunan masjid berukuran 48 meter persegi ini atapnya sudah bocor sehingga merusak sebagian besar langit langit masjid yang terbuat dari bilik. Sedangkan dinding masjid yang terbuat dari bilik sudah lapuk dimakan zaman.

Semula masjid yang diberi nama Almukmin ini ramai dipakai mengaji anak anak kampung dan shalat sehari-hari warga. Namun karena usia masjid ini sudah tua dan kondisinya sudah lapuk, akhirnya masjid ini tidak lagi ramai.

Anak anak kampung akhirnya harus berjalan kaki untuk mengaji ke kampung tetangga. Sedangkan untuk shalat jumat bapak bapaknya pergi ke Masjid di kampung tetangga.

Mata pencaharian warga di perkampungan ini adalah buruh tani. Karena upah yang kecil mereka pun tidak bisa menghimpun dana untuk memperbaiki masjid. Bahkan akhirnya satu persatu kepala keluarganya mulai meninggalkan anak dan istri untuk merantau ke perkotaan, yaitu di Cikarang Bekasi.

Mereka mengais nafkah dengan berjalan kaki di perkotaan menjajakan makanan rujak. Setiap liburan panjang atau menjelang lebaran mereka pulang ke kampung halamannya di Kampung Datar Pangalengan.

Kondisi ini nyaris sama dengan kebanyakan kampung-kampung lainnya. Mereka lebih memilih merantau ke kota untuk mencari rizki yang lebih besar dibanding mengelola potensi alam di kampung halamannya.

Rekan rekan inilah gambaran kondisi di Kampung Datar Desa Margaluyu Pangalengan Kabupaten Bandung.

Tim TDA Bandung dan Warga Kampung Datar
Beberapa waktu lalu kami kembali melakukan silaturahim untuk mempertegas keinginan kami memperbaiki Masjid Almukmin supaya bisa dipakai kembali.

Bahkan bila perlu kita bantu warga agar bisa mengelola ekonomi di kampung, sehingga mereka tidak perlu lagi merantau ke kota meninggalkan anak dan istri.

Sesuai dengan semangat komunitas kita, Bersama Menebar Rahmat, mari kita bantu mereka membangun masjid dan membangun ekonomi desa yang bermanfaat.

Kita akan memulainya dengan membangun masjid Almukmin. Kita akan bangkitkan semangat kebersamaan warga untuk bergotong royong. Semoga ini menjadi jalan keluar untuk memperbaiki taraf ekonomi warga.

Masjid Almukimin di Kampung Datar Pangalengan ini insyallah akan menjadi masjid ketiga yang kita renovasi, sebelumnya ada Masjid Yadul Ulya di Gunung Kasur dan Masjid Baiturrahman di Rancamanyar Kab Bandung.

Semoga tempat tempat ibadah yang telah bangun menjadi bekal kita nanti di akhirat. Aamiin.

Donasi bisa disalurkan melalui rekening bersama Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Bandung
BCA 0860508567 a/n Ade Wahyudi/ Hernawan A W
Konfirmasi Transfer bisa melalui email ke


 
Bendungan Cipanunjang



 


3 komentar:

Posting Komentar