Kumpulan tulisan Muhammad Yasin, Wartawan, Blogger dan pebisnis online

Senin, 19 Maret 2012

Tips Hebat Memilih Nama Domain


Berikut beberapa point penting yang perlu diperhatikan saat memilih nama domain

Buatlah Nama Domain yang Mengandung Kata Kunci (Keyword)
Pengaruh nama domain yang memiliki kata kunci sangatlah besar, terutama pada search engine google.

Ketika seseorang mengetikan kata kunci di searchengine google, maka google akan mengutamakan domain yang memiliki kata kunci itu, kemudian menyasar pada judul web, selanjutnya pada meta tag seperti meta description, meta keyword, selanjutnya pada judul artikel web dan terakhir pada konten web.

Kurang lebih seperti itu alurnya. Tapi kadang-kadang langsung pada konten jika situs tersebut sudah populer. Intinya google akan berusaha semaksimal mungkin, menampilkan situs yang diinginkan oleh Anda.

Sebagai contoh, saya memilih nama domain untuk bisnis saya adalah www.aqiqahonline.com. Kata kunci yang ingin saya bidik adalah aqiqah. Maka ketika orang mengetikan aqiqah di searchengine google, kemungkinan besar situs saya muncul di halaman teratas.

Hal yang menarik dari pengalama saya dalam memilih domain www.aqiqahonline.com, adalah pemilihan kata kunci yang akan dijadikan nama domain antara aqiqah dan akikah keduanya memiliki maksud yang sama.
Kalau sudah begini saya akan cek di tools kata kunci seperti di google adwords, overture, wordtracker, webmastertoolkit, kata kunci mana yang paling banyak diketikan, aqiqah atau akikah.

Atau mungkin Anda coba di serachengine google dengan mengetikan kata kunci misalnya “aqiqah”. Nanti akan muncul seperti ini “sekitar 20,500,000 hasil (0.28 detik)” diatas hasil pencarian, dan untuk akikah Sekitar 16,000,000 hasil (0.12 detik).

Lakukan cara ini, untuk dua kata kunci yang sama maknanya jika Anda ingin membuat nama domain dari kata kunci. Carilah domain dari kata kunci yang banyak dicari orang.

Tapi membuat nama domain dari kata kunci ini bukan satu-satunya faktor penyebab situs Anda nongkrong di halaman pertama google, ada banyak faktor lainnya yang mendukung seperti pagerank, keyword, Heading, konten unik dengan keyword yang konsisten, backlink dan lain sebagainya.

Buatlah Nama Domain yang Ringkas, Mudah Diingat
Jika Anda tidak suka ada kata kunci yang menempel pada nama domain, itu tidak masalah. Misalkan Anda ingin membuat nama domain sama dengan brand bisnis Anda sendiri, atau mungkin ada nama lain yang lebih Anda sukai.

Namun catatannya disini adalah buatlah nama domain seringkas mungkin, jika perlu satu kata itu lebih bagus lagi dan maksimalnya dua kata.

Coba Anda perhatikan situs-situs besar seperti google, yahoo, bing, ask. Ringkas bukan? Bahkan hanya terdiri dari satu atau dua pengucapan (bing atau goo dan gle untuk google).

Anda tidak perlu khawatir dengan pesaing yang mencantumkan kata kunci pada nama domainnya, jika Anda rajin melakukan branding atau sistemasi SEO dengan sendirinya situs Anda akan pupuler.

Coba lihat bhinneka.com atau oke.com, nama domainnya tidak berkaitan dengan produk yang mereka jual bukan, tapi mereka terkenal. Bhineka populer dengan komputernya dan oke populer dengan handphonenya.

Manfaat dari nama domain yang ringkas adalah mudah diingat dan memudahkan para pengunjung mengetikan nama domain Anda.

Jika perlu Anda membuat nama domain yang unik dan nyentrik supaya menjadi perhatian pengunjung. Seperti Kaskus.us, blibli.com, tokokoo.com dan yang lainnya.

Memang ada beberapa pesaing kadang memanfaatkan kesalahan pengetikan nama domain. Seperti pada google bisa dimanfaatkan orang dengan membuat nama domain gogle.

Buatlah Nama Domain yang Mudah Dieajakan
Tips yang ini juga penting, terutama saat Anda mengisi seminar, siaran di radio dan televisi. Saat Anda menyebutkan nama domain Anda secara verbal akan kesulitan jika mengandung ejaan yang rumit.

Apalagi jika Anda membuat nama domain dari bahasa inggris, karena tidak semua orang Indonesia mengerti bahasa inggirs.

Saya ambil contoh domain www.sepatubandung.com milik kang Kiki Sudiana akan lebih mudah didengar dibandingkan dengan www.auburnandginger.com milik Mbak Ratih.

Buatlah Nama Domain dengan Extension .com
Nama domain yang memiliki extension Top Level Domain (TLD) .com ternyata sangat populer di seluruh masyarakat Indonesia termasuk di seluruh dunia dibandingkan dengan .net .biz .info, or.id, co.id.

Selain lebih populer, kabar baiknya ternyata extension .com lebih disukai oleh algoritma searchengine google.
Memang beberapa orang lebih memilih co.id karena lebih kuat dari aspek legalitasnya. Tapi
ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti KTP Penanggung Jawab dan SIUP/TDP atau Akta Notaris.

Beberapa waktu lalu Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) lagi gencar-gencarnya mensosialisasikan dua extension domain baru yaitu biz.id dan my.id.

Extension biz.id ditujukan untuk usaha kecil menengah (UKM) dan mikro yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan domain co.id.

Sedangkan my.id untuk pemilik website personal maupun blog. Tentu saja ini membutuhkan sosialisasi yang panjang. Bahkan Pandi sempat mengajukan perubahan co.id menjadi com.id, sayang setelah diseminarkan banyak peserta yang menolak.

Hindari Penggunaan Tanda Minus (-)
Tanda minus pada domain ini contohnya seperti ini www.aqiqah-online.com Kenapa harus dihindari, ya karena memang tidak menarik heu...he... :-D

Tanda minus ini hanya jalan terakhir jika Anda memang ingin benar-benar mengejar kata kunci yang sedang digandrungi banyak orang.

Seperti di duni fashion, kata kunci pasar baru dan tanah abang sangat dicari. Situsnya pun banyak. Jika Anda ingin tetap mengejar kata kunci itu dan situsnya sudah banyak diambil orang maka gunakanlah tanda minus. Barangkali belum ada.

Jika Sudah Cocok dengan Nama Domain Segera Beli
Tips ini yang kadang diabaikan banyak orang. Jika Anda sudah mengetikan nama domain di salah satu penyedia jasa domain dan hosting, berhati-hatilah. Karena mungkin ada beberapa orang “jail” sedang mengintai domain Anda tersebut.

Jika domain itu tidak jadi Anda beli waktu itu juga, maka dia bisa mengambilnya dan akan dijual dengan harga tinggi dan target pembelinya adalah Anda sendiri.

Ada beberapa orang yang mencoba menarik keuntungan dengan mendaftarkan domain nama perusahaan orang lain dan kemudian menjualnya dengan harga tinggi (istilahnya disebut cybersquatting). Seperti kasus mustika-ratu.com.

Ada juga kejahatan lain yang mendaftarkan nama domain yang mirip dengan nama domain orang lain (Istilahnya disebut typosquatting). Seperti kasus klikbca.com.

Semoga Bermanfaat....

2 komentar:

Salim mengatakan...

Waaah, keren tips nya. . syukran ya kang :)

Salam Silatiurahim!!

#Sang Penggali Hikmah

INVESTASI USAHA mengatakan...

Makasih infonya, bagus

Poskan Komentar