Kumpulan tulisan Muhammad Yasin, Wartawan, Blogger dan pebisnis online

Sabtu, 12 Agustus 2017

Sentra Konveksi Topi di Bandung

Sentra Konveksi Topi
Bandung memiliki kiblat di dunia fashion di Indonesia. Ada banyak rumah produksi pakaian di Bandung raya baik skala kecil, menengah hingga besar di Bandung dan sekitarnya. Rumah rumah produksi ini biasa dikenal dengan sentra konveksi.

Biasanya sentra konveksi ini mencangkup satu wilayah dimana disitu ada banyak rumah rumah produksi yang menggarap jenis pakaian tertentu. Misalnya ada satu wilayah dimana di daerah itu banyak sekali rumah yang meproduksi tas maka dikenal dengan sentra tas.

Begitu pun dengan di wilayah tertentu ada banyak rumah yang meproduksi topi, maka disitulah dikenal sentra konveksi topi atau sentra pengrajin topi.

Untuk sentra konveksi topi di Bandung lokasinya berada di kabupaten Bandung, tepatnya di daerah sekitaran Cigondewah Kaler, Sindangpalay, Mahmud dan Rahayu. Daerah ini masuk wilayah kecamatan margaasih Kabupaten Bandung yang langsung berbatasan dengan Kota Bandung.

Jika ingin pergi ke sentra topi di daerah Rahayu ini jalannya bisa masuk dari sentra tekstil kain Cigondewah Kota Bandung. di Ujung perbatasan Kota tepatnya diatas jalan jembatan Tol Purbaleunyi Anda tinggal belok kanan dan memasuki wilayah Sindang Palay jalan Mahmud.

Di sepanjang jalan ini Anda akan melihat banyak sekali toko toko topi yang menjual berbagai macam topi grosiran. Ada beberapa juga toko yang menjual alat alat topi seperti fiber topi atau cintong, kain topi, rel topi, kancing topi dan alat alat lainnya. Para penjual alat alat topi disini dikenal dengan nama H. Undang, H. Imas, H. Enjoh, H. Rofiq dan beberapa penjual alat alat topi lainnya.

Meskipun di daerah ini didominasi oleh toko toko topi grosiran tapi ada juga beberapa toko yang menjual topi seragam sekolah dan topi promosi atau topi untuk pelengkap seragam perusahaan.

Tentu saja kita bertanya dimana tempat konveksi topi tempat produksi topinya. Untuk mengetahui tempat produksi topinya maka kita harus masuk masuk ke gang kecil. beberapa orang sudah banyak yang tau. Namun kendalanya sekarang banyak sekali konveksi topi yang sudah berganti menjadi konveksi sweater.

Ada beberapa konveksi topi yang lokasinya jauh dari sentra topi, misalnya sampai ke batujajar dan soreang. Namun mereka rutin datang menyetorkan hasil pengerjaan topi grosirannya ke toko toko topi yang ada di Sindang palay Cigondewah.

ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita ingin memesan topi ke konveksi topi di daerah sentra topi ini, pertama pastikan jenis topi yang akan kita pesan, apakah jenis topi grosiran yang dijuak di pasaran umum, apakah topi seragam sekolah, apakah topi distro atau topi promosi yang biasa dipakai oleh perusahaan untuk event.

nah setiap jenis topi itu memiliki tempat konveksi yang berbeda beda kualitasnya. Jangan sampai kita memesan topi distro ke konveksi topi yang terbiasa menggarap topi grosiran. Maka kualitasnya tidak akan bagus. Meskipun harganya murah tapi kualitas tidak akan sebagus konveksi yang biasa menggarap topi distro.

Perusahaan yang ingin membuat topi juga lebih baik memilih konveksi yang biasa menggarap topi promosi. Supaya konveksi topi tersebut memahami betul sifat topi promosi, yaitu kualitasnya rapi dan waktu pengerjaanya mepet.

Khususnya topi promosi, ini yang harus menjadi perhatian khusus, karena proses produksinya harus cepat dan sesuai dengan design yang diinginkan konsumen. beberapa konveksi akan memberikan sample terlebih dahulu, namun jika waktunya mepet maka sample yang diberikan bisa berupa sample bordir.

Sample topi ini diperlukan supaya tidak terjadi kesalahan fatal sebelum diproduksi massal. Kalau sudah diproduksi massal dan terjadi kesalahan, maka kerugiannya sangat banyak. Kerugian yang paling fatal adalah tidak bisa dipakai kalau topi itu digunakan untuk event tertentu. Keduanya konveksi topi akan mengalami kerugian bahan dan bordir.

Maka berhati hatilah dalam memilih konveksi untuk memproduksi topi supaya hasil dari produksinya sesuai dengan keinginan.

Sebagai referensi :
http://konveksitopi.co.id/
Ruko Linggahara D.11 TKI 1Jl. Sadang, Desa Margahayu, Kec. MargahayuMargahayu TengahMargahayuBandung, Jawa Barat 40225Tlp/SMS/WA 085222213999





0 komentar:

Posting Komentar